Jumat, 27 Januari 2012

Clipper Round the World 11-12 Yacht Race






Clipper Round the World 11-12 Yacht Race kembali menyambangi Batam, Kamis (26/1). Clipper Round the World merupakan reli kapal layar keliling dunia yang akan melalui 16 pelabuhan di 14 negara termasuk Indonesia. Reli ini merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan dan Batam tak pernah absen untuk disinggahi.

Even yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini diikuti 10 kapal layar tipe mono hull dengan panjang 68 feet dan setiap kapalnya diawaki 15 orang. kesepuluh kapal itu adalah Edinburgh Inspiring Capital, New York, Singapore, Welcome To Yorkshire, Visit Finland, Qingdao, Gold Coast Australia, geraldto Western Australia, De large Landen dan Derry-London Derry.

Sedangkan 16 pelabuhan yang akan dilewati adalah Southampton (Inggris), Madeira (Brazil), Rio De Jainero (Brazil), cape Town (Afrika Selatan), Geraldton (Australia), New Zealand, Gold Coast (Australia), Nongsa Point Marina Batam (Indonesia), Marina Keppel Bay (Singapura), Qingdao (Cina), California (AS), Panama, New York (AS), Nova Scotia (Kanada) Derry Londonderry (Irlandia) dan Belanda.

Nongsa Point Marina Batam (Indonesia) merupakan pelabuhan kedelapan yang disinggahi peserta reli setelah start dari Gold Coast, Australia. "Kapal yang pertama masuk Gold Coast Australia tanggal 23 kemarin," kata Asistent Marina Manager Dwi Hartana. Peserta reli akan kembali belayar Sabtu (28/1) dini hari menuju Marina Keppel Bay, Singapura.

Menurut Direktur Nongsa Point Marina & Resort, Dance Wongkaren, Clipper Round the World 11-12 Yacht Race ini menempuh perjalanan mengarungi samudra sejauh 40 ribu mil yang akan menghabiskan waktu selama 11 bulan. "Ini adalah reli kapal layar paling prestisius di dunia dan kami sangat bangga bisa sisinggahi para peserta reli," kata Dance.

Clipper round the World 11-12 ini mulai berlayar dan meninggalkan garis start pada bulan Agustus 2011 lalu, berangkat dari kota Southampton, Inggris dan akan finish di kota itu juga.

"Reli ini dibagi menjadi delapan etape dari garis start hingga mencapai garis finish dan Nongsa Point Marina masuk dalam etape keempat yaitu start dari Autralia Barat dan finish di New Zeland," kata Race Manager Justin Taylor dalam sambutannya di acara welcome Dinner dengan Dinas Pariwisata Kota Batam, Kamis (27/1) malam.

"Batam adalah pemberhentian pertama dari garis start di Australia Barat pada etape keempat ini," Tambah Justin. Reli ini sendiri dijadwalkan akan tiba di garis finish di Southampton, Inggris, pada pertengahan tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar